Finn - Adventure Time Link Select BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Thursday 12 October 2017

TIPS AND TRICK MENATA ULANG HUNIAN (DULUX COLOUR INSPIRATION)

(DULUX COLOUR INSPIRATION)

sebelum menata ulang hunian anda,  sebaiknya ada beberapa hal yang perlu anda  ketahui pada saat proses pengecatan ulang maupun dekorasi, langsung saja

1. Pada saat mengecat.

  • perhatikan ini sebelum mengecat!
  1.  pastikan permukaan kering. Bila belum benar benar kering akan mengakibatkan kegagalan pengecatan (cat meleleh) sebagian cat yang belum kering tersebut juga akan tertarik oleh rol atau kuasnya.
  2. penggunaan plamur [wall filler] tidak disarankan untuk diaplikasikan di seluruh permukaan tembok luar maupun dalam. plamur akan mengurangi daya rekat terhadap tembok. 
  3. tempatkan plamur diantara dua lapisan primer.
  4. hindari  melakukan pengecatan eksterior pada musim hujan atau cuma lembab. pada kondisi tersebut pengeringan lapisan film cat tidak bisa terbentuk secara maksimal. 

lihat lebih lengkap....
  • menentukan warna dinding 
pemilihan warna merupakan salah satu bentuk ekspresi. namun, sebelum menyapukan warna-warna kedalam sebuah ruang. beberapa hal harus kita pertimbangkan. termasuk jenis cat. 
ini bertujuan agar warna yang diaplikasikan ke dalam ruang tersebut benar benar tepat dan berfungsi maksimal. berikut beberapa pertanyaan yang harus dijawab sebelum warna cat dipilih. 
cobalah menuliskan semuanya ke dalam secarik kertas. setelah semua pertanyaan terjawab. barulah warna cat dapat ditentukan. dengan begitu, warna yang terpilih benar benar sempurna. 

  1. apa fungsi ruangan itu?
  2. siapa yang paling sering menggunakan ruangan itu?
  3. kapan paling sering ruangan digunakan?
  4. sebarapa banyak cahaya yang masuk ke ruang itu?
  5. elemen arsitektur apa yang ada diruangan itu?
  6. apa saja furniture besar yang ada di ruangan itu?
  7. perasaan apa yang ingin di ciptakan diruangan itu?

  • langkah pengecatan ulang
merasa bosan dengan wajah rumah? ubah saja tampilannya. cara yang paling mudah adalah melakukan pengeatan ulang dinding luar. 
  1. apabila cat masih dlaam keadaan baik, bersihkan permukaan tembok dengan air bertekanann tinggi atau gunakan deterjen, apabila cat lama sudah mengapur atau mengelupas lakukan pengerokan terhadap cat lama. pastikan tembok benar benar kering.
  2. jika terdapat retak rambut pada tembok, gunakan plamur khusus eksterior, hanya di bagian yang retak. 
  3. lapisi dengan cat dasar.
  4. aplikasikan top coat atau cat warna pada dinding. 
Hasil gambar untuk pengecatan dinding
  • cara mudah menghitung kebutuhan cat
anda seringkali tidak dapat memprediksi, berapa kebutuhan cat untuk ruang yang akan di cat. jika kekurangan, seringkali cat yang sama tak selalu tersedia atau sulit mencarinya lagi. sebaliknya jika kelebihan. sayang jika terbuang. yang berarti juga pemborosan. 
agar masalah tersebut tak menimpa anda. berikut cara mudah menghitung berapa volume cat yang dibutuhkan untuk ruang anda.

  1. hitunglah luas permukaan dinding atau tembok yang akan di cat, contoh, ada empat bidang dinding :
dinding putih   : 4m x 5m = 2 sisi x [4x5]                                = 40m2
dinding merah : 3m x 5m = 2 sisi x [3x5]                                = 30m2
_______________________________________________________ +

total luas bidang dinding                                                          = 70m2


      2. tambahkan dengan luas bidang plafon  = 3m x 4m = 12m2
total luas bidang dinding dan plafon = 70 + 12 = 82m2

      3. krangi dengan luas pintu dan jendela (jika ada).
disini, luas pintu = 2m x 0,5m = 1m2
total luas bidang dinding dan plafon                                        = 82m2
luas pintu                                                                                  = 1m2
_______________________________________________________ -
total luas bidang yang akan di cat                                            = 81 m2

Hasil gambar untuk pengecatan dinding
     4. luas bidang yang akan dicat dibagi dengan daya sebar cat per liter. contoh, satu galon cat memiliki daya sebar teoritis 12m2. dengan dua lapis pengecatan. maka jumlah cat yang digunakan secra teoritis, sebagai berikut.
[total luas bidang yang akan di cat : daya sebar teoritis] x jumlah pengecatan

81m2  x 2 = 13,5 liter atau 6 galon.
12

2. pada saat mendekor 

  • langkah mudah mendekorasi rumah
banyak momen momen yang harus disambut dengan penuh suka cita. acara keluarga, pesta ulang tahun, atau hari raya. saat inilah rumah ikut bersolek agar tampil berbeda. ikuti langkah langkah berikut untuk dekorasi rumah yang berkesan. 

  1. tentukan tema dekorasi. dekorasi ruang dapat mengambil tema dari mana saja. misalnya tema anatural yang banyak mengambil bahan bahan alami. atau tema vintage yang penuh dengan memori.
  2. tentukan tema warna. selain memperkuat tema dekorasi , wrana berfungsi menyatukan berbagai benda yang bentuknya berbeda beda. untuk dekorais ruang, pilih 3 warna saja agar dekorasi tidak terlalu ramai. 
  3. peralatan makan, vas bunga, tempat lilin, keranang, table runner, dan benda benda pengisi interior yang sudah dimiliki dapat dimanfaatkan. pilih benda yang sesuai dengan tema dekorasi dan tema warna.
  4. tambahkan bunga dan tanaman segar pada ruang. sesuaikan bentuk bunga dan tanaman dengam tema dekorasi dan tema warna yang dipilih.
  • tips dekorasi untuk hari raya
apa yang menjadikan sebuah ruang bernuansa kha sidul fitri? dekorasi yang sesuai, salah satunya. agar ruang mencerminkan suasana hari raya.

berikut beberapa idenya!
  • tambahkan bungkus ketupat pada rangkaian bunga. jajara genjangdari daun kelapa inidapat diletakkan menjuntai ke vas atau ditusukkan sehingga menyembul di anatara bunga bunga.
  • hadirkan kain kain bermotif timur tengah. kain berwarna cerah ini akan menjadikan aksen yang menarikbagi dekorasi ruang. untuk kesan kasual. hamparkan kain kain itu pada sofa agar jatuh secara alami.
  • manfaatkan kurma sebagai bagian dari dekorasi. isi toples toples berbagai ukuran dengan buah manis ini. bengan begitu, penganan khas timur tengah ini lebih terlihat dan menambah kuat suasana idul fitri.


selamat mendekorasi!
selamat berkreasi!
mohon maaf jika ada salah kata, atau informasi yang kurang lengkap, maklum 
wassalamualaikum wr. wb. 

sumber : dulux colour inspiration 2012




No comments:

Post a Comment