Finn - Adventure Time Link Select BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Wednesday 1 November 2017

FAKTA-FAKTA UNIK DALAM BOBO | Boleh tahu? | BlogKu

Apa itu bobo ?

Bobo, majalah anak yang terbit pada tahun 70an ini, rasanya sangat cocok menjadi teman bermain sekaligus belajar untuk anak. karena selain menarik dan inovatif, bobo juga edukatif karena memiliki cergam cergam yang mengandung pesan moral yang kuat didalamnya, ada juga artikel yang menambah pengetahuan anak. selain itu banyak diy yang bisa meningkatkan motorik anak. nah selain itu, ada part yang paling saya sukai dimajalah ini, juga sekaligus akan saya rangkum disini...
baca selengkapnya...
edisi 10 des 2015

1.
"berat yang digunakan untuk membangun burj khalifa, setara dengan berat 100.000 ekor gajah."

  • waw, bangun yang terletak di duba ini ternyata adalah bangunan yang disangka sangka sebagai bangunan tertinggi didunia kawan. yang tidak kalah hebat adalah pondasi atau betonnya beratnya sama dengan massa 100.000 ekor gajah. jika massa rata rata seekor gajah adalah 7 ton ( 7000kg) berarti berat beton burj khalifa adalah 700.000 ton kawan. ck, ck, ck,

2.
"tikus juga jago mengendus bom, seperti anjing."


  • wah, jangan ragukan kemampuan si kecil tak bersalah yang sering membuat orang lari ketakutan ini kawan. ternyata dibalik badannya yang imut, allah menganugrahkan penciuman yang baik padanya. walau tak segagah anjing kemampuannya mengendus bom layak diacungi jempol.

3. 
"cacing jenis mealworm suka memakan styrofoam."

Gambar terkait

  • Mealworm yang merupakan larva kumbang Tenebrio molitor, suka makan styrofoam dan mengunyahnya menjadi karbon dioksida. mungkin mereka diet..
4.
"wewangian yang menurut kita menyenangkan dan berkesan dapat diingat selama 64 hari."

Hasil gambar untuk parfum dan otak

  • masuk akal sih kawan, yang berkesan selalu membekas. selain itu juga otak positif akan mengingat hal hal yang menyenangkan dan berkesan. namun bagaimana dengan kesan kentut dan bau ketek?

5.
"diluar angkasa juga ada emas"

Hasil gambar untuk emas di luar angkasa

  • yang pernah saya baca, bisa jadi emas itu berasal dari luar angkasa kawan. lebih tepatnya tabrakan tabrakan asteroid dengan bumi beribu tahun lalu. Tim peneliti menduga, awalnya ledakan bintang netron di galaksi kecil terjadi. Unsur logam berharga lantas menyebar, menempel pada asteroid. Asteroid membawa logam berharga itu ke Bumi saat menumbuk. 

6.
"menguap berguna untuk mendinginkan otak."

Gambar terkait

  • otak ternyata bisa saja mengalami peningkatan suhu yang cukup signifikan sehingga harus didinginkan. Dengan menguap, maka suhu pada otak bisa diturunkan dan otak pun tidak akan mengalami masalah kepanasan.

7.
"kambing juga bisa pingsan."

Hasil gambar untuk kambing pingsan

  • Kambing unik ini namanya kambing myotonic, atau sering pula disebut sebagai fainting goat. Disebut sebagai kambing myotonic karena memang kambing jenis ini punya kelainan genetis yang disebut Congenita myotonia, kelainan genetis ini menyebabkan si kambing akan pingsan selama kurang lebih lima belas detik setiap kali ia kaget, sebab saat ia kaget, otot-otot gerak pada kambing ini menjadi tegang dan kaku sehingga menimbulkan kelumpuhan sementara.

8. 
"air di wind cave national park, amerika serikat. adalah air paling suci di bumi."

Gambar terkait

  • Wind Cave National Park adalah Taman Nasional Amerika Serikat yang terletak 10 mil (16 km) utara kota Hot Springs di South Dakota barat.Didirikan pada tahun 1903 oleh Presiden Theodore Roosevelt, itu adalah Taman Nasional A.S. ketujuh dan gua pertama yang ditunjuk sebagai taman nasional di manapun di dunia. wow

9.
"makanan pedas dan berlemak tinggi bisa memicu mimpi buruk, jika dikomsumsi sebelum tidur."

Gambar terkait

  • makan pedas sebelum tidur akan memicu proses metabolisme serta meningkatkan suhu tubuh Anda. Proses metabolisme dan peningkatan suhu menyebabkan bertambahnya aktivitas otak, padahal otot dan tubuh Anda sedang beristirahat.
  • Otak pun menerima sinyal dari sistem pencernaan bahwa tubuh Anda harus berjuang lebih keras untuk menurunkan suhu tubuh dan menetralkan pedas di lambung. Sinyal tersebut diartikan oleh otak sebagai ancaman atau gangguan, yang kemudian ditafsirkan oleh kesadaran Anda sebagai mimpi buruk.

10.
"buaya tidur dengan sebelah mata terbuka."

Gambar terkait

  • Para ilmuwan menemukan, jika buaya terkadang membuka sebelah matanya ketika tidur. Buaya melakukan hal ini untuk tetap siaga terhadap potensi ancaman. wah, menarik. jangan coba coba mendekat ya dengan si buaya. tanpa bimbingan orang ahli.
11.
"kebanyakan biarawan tibet tidur sambil duduk."

Hasil gambar untuk biksu tidur sambil duduk

  • hm kira kira agar dan karena apa ya kawan. mungkin itu memang tradisi mereka kawan, yang penting kita tetap saling menghormati ya kawan..

12.
"mata manusia dapat membedakan lebih dari 10 juta warna yang berbeda beda."

Hasil gambar untuk spektrum warna
  • Mata adalah sebuah indera pada manusia yang sangat berharga dan membuat kita dapat menikmati keindahan dunia. Nah bagaimana kah kita dapat melihat warna?, mata manusia dan otak bekerja sama untuk melihat warna. Retina adalah struktur penginderaan cahaya yang terletak di bagian belakang mata. Pusat retina mengandung sekitar 6-7  juta sel kerucut. Sel kerucut-kerucut tersebut berbeda dan sensitif terhadap warna merah, hijau, dan biru muda. Sel batang, terletak di pinggiran mata, sensitif terhadap cahaya redup dan menangani penglihatan pada cahaya rendah. Setiap mata mengandung sekitar 130 juta sel batang. Ketika cahaya menyentuh sel batang dan sel kerucut, perubahan kimia yang kompleks menciptakan impuls listrik yang dikirim ke otak melalui saraf optik.
13.
"Russia lebih luas dibandingkan planet pluto."
  • jadi begini kawan, Luas negara Russia adalah 6.6 juta miles persegi, sementara Pluto? Luas Pluto adalah 6.4 juta miles persegi. Jadi Russia lebih besar dari Pluto. wow

14.
"racun seekor ikan buntal cukup untuk membunuh 30 manusia tetapi di jepang, ikan yang disebut fugu ini biasa di santap."

Hasil gambar untuk ikan fugu

  • Meski beracun, ternyata ikan buntal ini memang disantap orang-orang Jepang. Menurut Takanori Kurokawa, kepala koki di restoran Soseski di London, memakan ikan buntal di Tokyo dan Osaka ilegal karena mengandung banyak racun. Namun, ada beberapa tempat yang di Jepang yang menyajikan ikan ini. 

15.
"tak ada yang tahu siapa penemu hydran pemadan kebakaran, karena hak patennya terbakar dalam sbeuah kebakaran."

Gambar terkait

  • Sampai sekarang semua orang di dunia ini masih penasaran sama penemu keran kebakaran atau yang biasa disebut fire hydrant.
  • Minimnya informasi soal penemu fire hydrant ini adalah karena dulu pada 1836 gedung pemegang paten dan arsip-arsip seluruh Amerika Serikat mengalami kebakaran dan membumi hanguskan dokumen penting, salah satunya penemu fire hydrant ini.
semoga bermanfaat..





No comments:

Post a Comment